Hei, gues
ketemu lagi nih dengan saya. Sekarang saya akan berbagi informasi kepada anda
semua mengenai “surat pembaca dan bagaimana teknik merespon surat pembaca”. Oke,
langsung saja tanpa panjang lebar lagi kita langsung ke tulisan saya...
cekiiidooooot
Surat pembaca
merupakan tulisan yang berisikan sebuah kritikan, komplen, serta saran mengenai
sebuah produk dari sebuah perusahaan atau lembaga, baik itu berupa barang atau
sebuah jasa yang telah diberikan oleh sebuah perusahaan atau lembaga kepada
konsumen mereka.
Surat pembaca
memiliki dua tipe yaitu surat pembaca resmi, dan surat pembaca tidak resmi. Surat
pembaca resmi biasanya bisa di temukan di media cetak dan elektronik, sedangkan
surat pembaca tidak resmi bisa ditemukan di media sosial atau internet. Ini dampak
dari perkembangan teknologi yang sangat pesat, sehingga setiap orang dapat
mempublikasikan keresahan mereka melalui media sosial baik itu facebook,
twitter, dan akun media sosial lainnya.
Surat pembaca
ini biasa biasanya akan direspon oleh praktisi public relation (PR) dari sebuah
perushaan atau lembaga yang bersangkutan dengan cepat. Karena jika surat
pembaca ini tidak di respon oleh PR dengan cepat maka masalah yang ada di surat
pembaca ini akan menjadi semakin larut, dan ini akan merusak image dari sebuah
perusahaan atau lembaga yang bersangkutan.
How to response
surat pembaca?. Seorang PR hendaknya mampu merespon surat pembaca dengan
komunikasi yang baik sehingga jika image perusahaan telah rusak akibat dari isi
surat pembaca. Dengan komunikasi yang baik dari seorang praktisi PR ini dapat
membuat image perusahaan menjadi baik seperti semulan dan bahkan dapat image
dari perusahaan/lembaga dapat lebih baik dari image yang sebelumnya. Berikut
ini adalah bagaimana teknik merespon surat pembaca:
1. Read
Penting bagi
seorang praktisi PR untuk membaca surat pembaca, karena dari membaca surat
tersebut dapat diketahui apa sebanarnya masalah yang di permasalahkan oleh konsumen
atau pembaca. Baik itu melalui media cetak elektronik atau pun media sosial.
2. Identifikasi
Dibagian ini
sorang praktisi PR mecari informasi tentang masalah yang terjadi dengan
merumuskan hal- hal detail dari masalah tersebut serta mencari sumber
masalahnya dengan meliputi 5W+1H.
3. Crosscheck
Seorang praktisi
PR harus mengetahui semua informasi. Dengan
mengatahui semua informasi, PR dapat
dengan mudah menyelesaikan masalah dan juga ketika melaksanakan konferensi pers
seorang PR tidak menjawab pertanyaan pers dengan unsur kebohongan.
4. Solution
Pada tahap
terakhir dari sebuah masalah yang telah diselesaikan oleh tiga tahapan di atas.
Pada bagian ini seorang PR melakukan konferensi pers mengenai masalah yang
sudah diselesaikan dengan tiga tahapan di atas. Dan menyelesaikan masalah ini dengan solusi yang menguntungkan perusahaan atau lembaga dimana PR tersebut berkerja
Itulah tadi
informasi mengenai surat pembaca dan bagaimana teknik merespon surat pembaca. Semoga
tulisan ini bermanfaat, dan dapat menambah wawasan pengetahuan anda... see you
the next time, sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar