Hei sob, ketemu lagi nih dengan tulisan saya. Sekarang saya ingin memberi sedikit informasi mengenai media yang digunakan praktisi public relation (PR) untuk membentuk image perusahaannya. Media yang biasa digunakan oleh seorang praktisi PR untuk memromosikan atau membentuk image perusahaannya media ini bukan media massa melainkan media cetak (printed media). Oke, tanpa panjang lebar lagi, langsung saja kita ketulisan saya cekidottt.....
Printed media ini artinya media yang dicetak, tapi bukan termasuk media massa. PR tidak menggunakan media massa untuk membentuk image perusahaannya kecuali press release dan advertorial. Printed media ini bersifat membentuk image yang baik untuk sebuah lembaga, organisasi, atau pun perusahaaan. Artinya printed media ini bersifat persuasi untuk mengajak public agar tetarik pada produk dari seorang PR atau perusahaannya.
Contoh hasil media cetak (printed media) yang dihasilkan oleh seorang PR yaitu:
- Pamflet
- Brosur
- Billboard
- Umbul- umbul
- Flyer
- In house magazine
- Bulletin
- Spanduk
- Stiker
- Baliho
- Dan lain- lain.
Dalam membuat beberapa produk di atas hendaknya seorang PR dapat mengerti apa aplikasi yang bisa digunakan dalam membuat produk diatas. Sehingga produk yang dihasilkan tersebut dapat menjadi mahakarya yang luar biasa sekaligus dapat menarik perhatian public sehingga informasi yang disampaikan melalui produk ini dapat sampai kepada public dengan sempurna. Dan ini dapat menguntungkan PR-nya sekaligus perusahaannya. Image dari perusahaan itu menjadi baik dan reputasi dari PR itu bisa dikatakan sebagai PR yang profesional.
Dalam membuat printed media seorang PR harus memperhatikan beberapa cara. Disini akan di contohkan salah satu produk printed media yaitu flyers yaitu:
- Warna
Warna yang menarik akan membuat flyer terlihat menarik untuk dilihat dan dibaca.
- Komposisi
Isi dari sebuah flyer dapat menarik perhatian public. Sehingga public tertarik untuk melihat dan membaca.
- Bentuk
Bentuk ini merupakan hal penting dalam pembuatan flyer untuk menghasilkan flayer yang baik.
- Font dan huruf
Kalimat apa yang akan digunakan dalam flayer dan tentukan font yang baik sehingga kalimat yang ada pada flayer dapat menarik perhatian public.
Itulah tadi sedikit informasi mengenai printed media. Semoga bermanfaat dan sampai berjumpa lagi dengan tulisan saya selanjutnya...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar